Contoh Naskah Drama Tentang Budaya

Contoh naskah drama tentang budaya untuk 5 orang ini mencerminkan sistem pelestarian budaya yang diaplikasikan melalui jenis drama yang diperankan oleh 5 orang pemain. Hal ini memberikan banyak pengetahuan untuk diasah dan dikembangkan menjadi jenis naskah drama yang lebih panjang dan efektif lagi.

Berikut ini contoh naskah drama tentang budaya untuk 5 orang yang mengisahkan dua orang pria yang menjelajah semua tempat budaya yang ada di Jawa Timur. Bertemu dengan tiga orang yang memiliki profesi yang sama.

Judul: Perjalanan budaya
Pemeran: 5 orang pemain
Tema: Budaya
Karakter:

  1. - Adi: Periang
  2. - Edi: Pendiam
  3. - Ali: Pemalu
  4. - Deni: Cerdas
  5. - Ahsan: Giat

Inti Cerita Dalam Drama
Perjalanan menelusuri tempat budaya di Jawa Timur yang dilakukan oleh Adi dan Edi membuahkan hasil yang memuaskan setelah bertemu dengan Ali, Ahsan dan Deni yang memiliki profesi yang sama namun mereka mempunyai wadah untuk mengumpulkan berbagai macam dokumen dan foto tentang budaya.

Dialog Naskah Drama
Kali ini Edi dan Adi sudah sampai di wilayah Mojokerto yang merupakan salah satu asal muasal kerajaan majapahit muncul dan banyak situs budaya yang perlu dipelajari dan diliput.
Adi: Hanya beberapa jam saja sudah masuk di wilayah Mojopahit Ed.
Edi: Kita kan dari Jombang. Beda lagi kalau dari Semarang.
Adi: Iyalah Ed, kita mulai dari candi tikus dulu untuk mempelajari budaya dan hunting foto di beberapa candi di Mojokerto ini.
Edi: Boleh, lanjut.
Perjalanan Adi dan Edi menuju beberapa candi di Mojokerto memberikan hasil yang memuaskan. Mulai dari berbagai macam sejarah tentang berdirinya candi, makna dari bangunan dan simbol di beberapa candi dan hasil foto yang mengesankan dan indah. Saat ini mereka tiba museum majapahit.
Edi: Ini yang aku tungu-tunggu Di, memahami sejarah di museum ini.
Adi: Ayo tunggu apalagi, kita mausk.
Edi: Wah,banyak juga nih peninggalan sejarah dan budaya asli dari kerajaan majapahit.
Adi: Perlu dipotret.
Edi: Tidak boleh motret itu ada tandanya.
Adi: Kita ijin saja dengan penjaga perpustakaannya sekaligus kita wawancara tentang tujuan kita ke sini.
Edi: Cemerlang juga idemu.
Penjaga perpustakaan menyambut baik kedatangan Adi dan Edi di museum majapahit. Mereka diajak jalan-jalan untuk mengelilingi museum sambil menceritakan hal ihwal dari museum majapahit ini. Adi yang memotret dan Edi yang menulis.

Edi dan Adi telah sampai pada tulisan selamat datang di vana vihara
EdI: Ini apa Di? Kayak tempat sembahyang orang Budha.
Adi: Ini terkenal di Mojokerto, patung budha tidur.
Edi: Lho, beneran ada patung budha tidur?
Adi: Biar tidak penasaran masuk saja.
Tidak disangka, di sana Adi dan Edi bertemu sesama profesi. Mereka bertiga dari Surabaya. Ali, Ahsan dan Deni yang sudah bertahun-tahun hunting foto dan mencari sejarah serta budaya yang ada di wilayah Jawa Timur.
Edi: Kebetulan banget kami bertemu dengan kalian.
Deni: Ini perlu disatukan.
Ahsan: Sudah di mana saja kalian hunting foto dan mempelajari budaya di wilayah Jawa Timur?
Adi: Seluruh Jawa Timur. Banyuwnagi dan Bondowoso yang belum kita jelajahi.
Ali: Wah, sudah lengkap berarti, informasi, sejarah dan foto yang dikoleksi.
Edi: Ya lumayan sih, tujuan kita hanya untuk penelitian.
Deni: Waduh sayang banget, bagaimana kalau kita gabungin saja tujuan kita berlima?
Ali: Idemu selalu cemerlang Den.
Ahsan: Iya sebentar lagi ada pameran foto budaya di Surabaya. Kebetulan kita yang menanggungnya. Bagaimana kalau kalian gabung?
Adi dan Edi saling memandang kebingungan.
Adi: Wah, kok pas banget dengan impian saya untuk memamerkan foto dan dilihat masyarakat umum.
Ali: Kalau begitu setelah kalian hunting foto di Mojokerto, kita tunggu deh untuk bersama-sama ke Surabaya.
Deni: Iya kita tunggu. Untuk merancang semuanya agar membuahkan hasil yang memuaskan.
Edi: Kita tinggal di makam Jumadil Kubro saja kok. Sekalian ziarah bareng di makan wali pertama di pulau Jawa.
Mereka berlima menuju pemakaman Syekh Jumadil Kubro untuk berziarah sekaligus mereka pulang ke Surabaya untuk merancang pameran foto sekaligus informasi budaya Jawa Timur yang lengkap dan detail.

Perjalanan menuju Surabaya memberikan banyak ide dari mereka berlima untuk menjalankan acara pameran foto se-Jawa Timur yang akan dimeriahkan oleh mereka berlima.
Adi: Semoga berhasil rancangan kita.
Deni: Pasti Di, santai saja di sana kita sudah ada tempat dan semua fasilitas yang dibutuhkan.
Edi: Amin.
Acara pameran foto yang berlokasi di gedung loka Surabaya berjalan dengan meriah dan banyaknya pengunjung yang datang.
Deni: Apa kataku Di!
Adi: Alhamdulilah Den.
Ahsan: Banyak pengunjung yang berminat untuk membeli hasil foto kita Den.
Deni: Nanti kita kumpulkan lalu laksanakan lelang. Ini moment yang bagus.
Adi: Alhamdulilah, impianku terwujudkan. Terima kasih Ya Allah. Tidak sia-sia perjuanganku selama ini untuk mempelajari dan memotret semua budaya yang ada di Jawa Timur.

Simak juga:

  1. Contoh naskah drama percintaan
  2. Contoh naskah drama tentang kejujuran
  3. Contoh naskah drama tema lingkungan

Itulah contoh naskah drama tentang budaya untuk 5 orang yang melestarikan budaya dengan selalu mempelajarinya.
www.contohdramasingkat.com » referensi contoh drama singkat

Judul Drama: Contoh Naskah Drama Tentang Budaya
Ditulis oleh: Lika Amalia

Dimohon untuk tidak mempublikasi ulang artikel, jika Anda melakukannya diharap untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Contoh Naskah Drama Tentang Budaya ini.

Jika artikel yang Anda baca dirasa bermanfaat, silakan like atau bagikan dengan teman Anda di social media menggunakan widget share dibawah.

0 Response to "Contoh Naskah Drama Tentang Budaya "

Posting Komentar

close