Contoh Naskah Drama Untuk 12 Orang

Contoh naskah drama untuk 12 orang yang membahas tentang pendidikan adaah suatu hal yang dapat diambil kesimpulan bahwa naskah drama harus tertata dengan rapi dan bisa mendidik.

Walaupun contoh naskah drama untuk 12 orang memiliki tema tentang hal yang remeh namun harus ada pelajaran yang tersirat di dalamnya. Karena contoh naskah drama untuk 12 orang adalah salah satu contoh diantara naskah drama yang ada akan dijadikan referensi bagi kalangan masyarakat terutama bagi pelajar untuk terus mengembangkan ide dan karyanya menjedi lebih berkambang.

Jangan lupa, baca juga:

Contoh teks drama untuk 12 orang berikut ini memberikan banyak pelajaran bahwa mengenyam pendidikan membutuhkan banyak perjuangan dan harus bertahan untuk mendapatkan pendidikan tersebut.

Tema; Perjuangan dalam pendidikan

Karakter:

- Pak Sargono: Pelopor dan bertanggungjawab
- Pak Budi: Tegas dan berani
- Iron: penyemangat
- Hesti: Feminim dan cantik
- Tina: Tegas dan cerdas
- Ahyar: Jiwa pemimpin
- Feni: Pemarah dan cuek
- Linda: Cerewet dan jutek
- Roni: Sombong
- Fando: Pamer
- Lee: Tidak peudli dan menang sendiri

4 orang mahasiswa yang mendapatkan mandat dari seorang dosen Pak Sargono untuk membuka sebuah komunitas di kampus tentang dunia penulis. 5 orang yang lain mendukungnya namun perjuangan mereka hanya sebatas gembar-gembor saja. Pak Budi memarahi mereka agar ikut andil untuk memperjuangkan pembentukan komunitas yang berbasis pendidikan dan untuk menumbuhkan generasi muda yang cinta akan menulis.

Naskah Drama

Iron dan Ahyar tiba-tiba dipanggil oleh Pak Sargono untuk segea rmenemuinya di kantor dosen.
Pak Sargono: Kalian berdua, saya berikan tanggungjawab untuk membuka komunitas kepenulisan di kampus ini!
Iron: Kok kita Pak? Kakak kelas kan banyak Pak?
Ahyar: Iya pak, kita masih semester 3.
Pak Sargono: Tidak ada yang memiliki kualiats di kampus ini. Lama setelah ditinggal oleh kakak tingkat kalian dua tahun yang lalu. Dunia kepenulisan di sini fakum total. Saya serahkan pada kalin berdua.
Iron dan Ahyar: Tapi Pak?
Pak Sargono: Ajak Tina dan Hesti yang sudah mempunyai novel di toko buku agar nantai lebih banyak yang ikut. Lebih cepat bisa membuka komunitas.
Pak Sargono meninggalkan Iron dan Ahyar di ruang dosen begitu saja. Mereka berdua masih kefikiran atas mandat Pak Sargono untuk menbuat komunitas di kampus ini.
Iron: Hesti … (Memanggil dari kejauhan ketika Hesti bersama Tina).
Hesti: Ada apa Ron? Tumben tidak sibuk sama artikelnya.
Iron: Biasa saja kale. Ini aku dapat pesan dari Pak Sargono dosen kesayangan kita untuk membuka komunitas di kampus ini.
Hesti: Itu bagus. Lalu?
Ahyar: Kita harus mempunyai masa terlebih dahulu yang mendukung agar nanti dalam proses membuka komunitas berjalan dengan lancar dan cepat.
Tina: Aku punya teman yang suka nulis. Ada Feni, Linda dan Roni.
Hesti: Aku juga ada Fandi dan Lee yang terkanal dengan novel horornya di toko buku.
Iron: Itu lebih baik, kita kumpulkan segera agar bisa membuat komunitas di kampus ini.
Sepulang kuliah, Hesti dan Tina memanggil teman-temannya tadi. Sedangkan Iron dan Ahyar memanggil Pak Sargono untuk diajak berdiskusi pembentukan komunitas.
Hesti: ini teman-temanku.
Tina:  Ini …
Iron: Kalu sudah berkumpul smeua, saya serahkan semuanya kepada Pak Sargono untuk penjelasannya.
Pak Sargono: Di sini kita berkumpul hanya untuk memperjuangan dunia kepenulisan di kampus ini. Dulu dunia kepenulisan di sini menjadi contoh dari beberapa kampus yang ada di kota ini, Namun saat ini mati. Maka dari itu, saya memerintahkan Iron, Ahyar dan kawan-kawan untuk mendirikannya kembali. Ini ada Pak Budi yang akan mendimpingi kalian.
Pak Budi: Nanti saya akan bantu kalian untuk membentuk komunitas yang diakui oleh kampus.
Fando: Buat apa komunitas jika hanya menghambat kita menulis Pak?
Lee: Komunitas yang baik sesuai dengan jenis tulisan kita Pak.
Pak Sargono: Begini ya, kita membuat komunitas untuk menampung banyak mahasiswa yang suka menulis dan ingin menulis mendapatkan fasilitas. Di sini kita menjadi pelopor dan pembimbing untuk mereka. Bukan seperti itu yang saya maksud.
Roni: Saya setuju Pak, apakah nanti dapat gaji dari komunitas ini?
Hesti: Kamu ini! (Roni dicubitnya).
Feni: Saya dikejar deadline naskah  terus ini Pak.
Linda: Saya juga!
Pak Budi: Apapun keahlian dan kesibukkan kalian, jangan sampai dicampur untuk pembuatan komunitas ini! Ngerti!
7 Mahasiswa tersebut segera membuat rancangan agar bisa membuat komunitas di sini. Namun yang berjalan hanya anak 4 yatu Iron, Ahyar, Hesti dan Tika yang lainnya hanya memamerkan karyanya bukan ikut andil dalam pembutan komunitas. Banyak ejekan dan cemoohan dari sebagian mahasiswa atas pamflet dan ajakan untuk ikut komunitas kepenulisan. Tapi mereka tetap tegar untuk pembuatan komunitas ini.
Pak Sargono: Bagaimana? Resmi dibuka kapan?
Iron: Besok Pak.
Pak Sargono: Udah ada berapa orang?
Ahyar: Ya sementara belum ada. Kita lihat besok pas pembukaan komuniats Pak.
Hesti: Kita sudah rancang sebaik mungkin agar meraka banyak yang ikut.
Pembukaan komunitas tersebut tidak sesuai dengan rancangan. Hanya 5 orang mahasiswa yang datang padahal semua fasilitas sudah disediakan. 9 orang dari mereka kecewa namun Iron. Ahyar, Hesti dan Tika terus memperjuangan komunitas ini bagaimana mendapatkan banyak masa. Sedangkan Pak Budi memarahi 7 mahasiwa untuk ikut andil. Selang beberapa minggu komunitas terbagun dengan baik dan banyak kalangan mahasiswa yang ikut dan sebagaian besar kalangn anak SMA di sekitar Kota.

Contoh dialog drama untuk 12 orang memberikan banyak pelajaran bahwa untuk menempuh pendidikan butuh perjuangan yang ekstra keras. Walaupun awalnya gagal, jangan sampai berhenti namun terus berani dan semangat sampai titik darah penghabisan. Pasti nanti ada hasilnya.
www.contohdramasingkat.com » referensi contoh drama singkat

Judul Drama: Contoh Naskah Drama Untuk 12 Orang
Ditulis oleh: Lika Amalia

Dimohon untuk tidak mempublikasi ulang artikel, jika Anda melakukannya diharap untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Contoh Naskah Drama Untuk 12 Orang ini.

Jika artikel yang Anda baca dirasa bermanfaat, silakan like atau bagikan dengan teman Anda di social media menggunakan widget share dibawah.

1 Response to "Contoh Naskah Drama Untuk 12 Orang"

  1. boleh kasih pendek ini naskah ?
    jadi hesti sama pak sargono sama dengan kiamat doyo

    BalasHapus

close